Install Mac OS X Snow Leopard di Windows 7

Install Mac OS X Snow Leopard di Windows 7  . Berbicara tentang cara install Mac Os di windows 7 memang sangat jarang kita temui. karena Selain perangkat windows memang bisa di bilang adalah perangkat yang berbeda denga Mac os. perngkat windows juga sangat bertolak belakang dengan Mac Os.  namun tahukah anda  jika ternyata install Mac os ini bisa dilakukan. sehingga bisa di bilang windows dan mac bisa akur di Pc anda. Nah sebelum masuk ke cara pengisntallan Mac Os di windows, alangkah baiknya anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini, yakni installer yang compatable adalah installer resmi Mac OS X 10.6 Snow Leopard. Jika Anda bertanya di mana mencarinya, silakan anda mencarinya di Internet untuk versi yang tidak resmi atau anda bisa beli Resmi di toko yang khusus menjual produk Apple.

Nah sebagai pedoman untuk anda, kami telah menghimpun beberapa sumber yang terpercaya bahwa installer Mac OS X 10.6.3 snow Leopard versi retail bisa Anda dapatkan dengan harga US$39. tentu sangat murah jika dibandingkan dengan versi Windows 7 yang paling standar, yaitu Windows 7 Starter yang harganya US$53 di situs yang sama.

Untuk proses installasi berikut ini, anda perlu tahu jika windows yang di pakai adalah windows 7 dan untuk spesifikasinya adalah harus minimal sebagai berikut : 

1. Processor: Intel Core I5.
2. Memory: 4GB DDR3.
3. DVD-super Multi DL drive.
4. HARD DISK: 320 GB.
5. OS: Windows 7 Ultimate 64-bit (jika anda menggunakan 32 bit, tentu tidak ada masalah, namun alangkah baiknya anda bisa mencoba dengan versi yang lebih tinggi yakni 64-bit).

Proses installasi Membuat ISO Mac Os on Windows 7

Setelah anda menyiapkan bahannya diatas, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat image ISO-nya. Untuk keperluan ini, silahkan anda membutuhkan aplikasi freeware bernama ImgBurn terlebih dahulu, yang bisa di-download gratis dari www.imgburn.com dengan file berukuran 5, 09 MB. kemudian silahkan lanjutkan dengan beberapa langkah berikut ini :

1. Silahkan anda Jalankan, dan instal ImgBurn.

2.Kemudian Setelah selesai, pilihan Create image file from disc. Step By Step Installasi Mac OS X Snow Leopard Di Windows 7 Image

3.Silahkan anda Pilihan drive dan lokasi hasil penyimpanannya, klik Read. Step By Step Installasi Mac OS X Snow Leopard Di Windows 7 Image

4. Lanjut dengan Proses pembuatan image ISO akan dijalankan.

5.Nah Setelah selesai, anda akan tahu jika ukuran image ISO yang anda hasilkan tadi adalah sekitar 7,23 GB.

Tips Penting : Yang perlu anda perhatikan adalah saat anda membuat ISO ini, Silahkan sebisa mungkin gunakan DVD writer, jangan DVD-ROM biasa. Karena dari beberapa percobaan terdahulu, saat kita membuat ISO dengan menggunakan DVD-ROOM, ternyata hasilnya cenderung menghasilkan error.

Cara Setting MacDrive
Secara umum atau bisa dibilang secara default, Maka Installer Mac OS X tidak bisa dikenali oleh Windows karena menggunakan file system HFS. Maka Jika Anda mencoba untuk memasukan DVD installer itu ke dalam drive, Hasilnya akan terlihat seprti disc kosong yang tidak ada isinya. dan Saat dilihat di Properties-nya pun, kapasitasnya akan terlihat hanya sekitar hampir 1GB. Padahal installer Realnya memiliki kapasitas 6GB lebih.

Nah Lalu bagaimana caranya agar installer itu bisa dibaca dengan benar oleh Windows?

Solusinya adalah silahkan akan menggunakan sebuah aplikasi bernama MacDrive yang bisa di-download dari "http:// download mediafour.com/macdrive/" dengan ukuran file kurang lebih 5,87MB.  Aplikasi ini bukanlah freeware, Jadi untuk keperluan installasi ini Anda harus menggunakan yang full version, bukan versi trial-nya. Nah pasti bingung juga tentang Bagaimana cara mendapatkan yang full version? Silahkan anda dapat membelinya di internet.

Untuk cara installasi macdrivenya silahkan ikuti langkah berikut ini :

1. Download dan Install MacDrive seperti biasa.
2. Setelah diregistrasi dan menjadi full version, jalankan MacDrive, dan klik Change MacDrive Options. Step By Step Installasi Mac OS X Snow Leopard Di Windows 7 Image
3. Kemudian silahkan Pilih tab Settings, dan hilangkan centang pada Remind me about MacDrive Updates, dan pilih Show Mac files. Step By Step Installasi Mac OS X Snow Leopard Di Windows 7 Image
4. Lanjut dengan coba Restart PC atau laptop anda. setelah itu, maka akan otomatis drive DVD anda sudah bisa mengenali Installer Mac OS X tersebut. untuk mengetahui Indikatornya silahkan anda perhatikan di icon drive DVD yang ada di windows Explorer, akan ada tambahan logo apel berwarna merah, dan sewaktu dibuka file mac akan dikenali sebagai file system HFS+.

Perlu anda ketahui juga jika Penggunaan MacDrive ini bersifat opsional. Dalam proses instalasi dengan Virtualbox nanti ataupun proses instalasi Mac OS X nya sendiri, tidak membutuhkan MacDrive. hanya saja Aplikasi ini di butuhkan bila anda ingin membuka media penyimpanan yang menggunakan file system HFS atau HFS+.

Setting VirtualBox

Lanjut dengan cara setting Virtual Box. untuk proses installasinya, Kita akan membutuhkan beberapa aplikasi. Yakni Yang pertama tentu saja VirtualBox yang bisa di download gratis dari situs resminya yang beralamat di "http://www.virtualbox.org/wiki/Downloads" (silahkan di download) .

Kemudian Sebagai Pendukungnya silankan lanjutkan dengan download bootloader. apa itu boot loader ? Boot Loader adalah software yang bertindak sebagai pancingan agar Mac OS X mau di install dan di jalankan di dalam VirtualBox. 
1. Jika processor anda Intel, gunakan boot loader yang ada di "http://mediafire.com/?thd5nmo2oyn". 
2. Sedangkan jika processor anda AMD, download di "www.mediafire.com/?m5wzzwyfg4m" secara gratis.

Cara Setting
1. Silahkan Install VirtualBox seperti biasa.
2. Seandainya anda menemukan jendela peringatan, silahkan selalu pilih Install. Step By Step Installasi Mac OS X Snow Leopard Di Windows 7 Image
3. Setelah VirtualBox selesai di install, silahkan jalankan dan klik NEW.
4. Kemudian Beri nama sesuka anda, dan di OS Type pilih MAC OS X dan MAC OS X server.
5. Selanjutnya aturlah berapa besar RAM yang akan di berikan oleh Mac Os X, minimal 1 GB. Semakin besar semakin baik, tapi tergantung dari jumlah RAM yang anda miliki. Karena saya memiliki RAM 2GB jadi 1GB saja sepertinya sudah cukup.
6. Berikutnya pilih Opsi  Create New Hard Disk.
7. Lanjutkan dengan Klik Next dan selanjutnya pilih Opsi Dynamically expanding storage.
8. Tentukan lokasi harddisk virtual dan tentukan pula kapasitas yang akan digunakan, 20GB sudah cukup. Klik finish untuk mengakhiri setting awal VirtualBox.
9. Kembali ke jendela utama virtualbox, klik Settings. 
10. Pilih System, di tab motherbard, hapus tanda centang pada Floppy, dan Boot Ordernya menjadi CD/DVD ROOM, kemudian Harddisk. Hapus juga tanda centang pada Enable EFI dan Hardware Clock.
11. Masih di System pada tab Processor dan Acceleration, beri tanda centang pada opsi Enable PAE/NX, dan Enable VT-x/AMD-v, serta Enable Nested Paging.
12. Pindah ke display, maksimalkan video memory, dan beri tanda centang pada Enable 3D Acceleration.
13. Pindah ke Storage, klik IDE Controller, dan pastikan tipe yang di gunakan adalah ICH6. Step By Step Installasi Mac OS X Snow Leopard Di Windows 7 Image
14. Lalu, klik item bernama Empty.
15. lanjutkan dengan Klik Add, dan arahkan ke file boot loader yan sudah kita ekstrak sebelumnya. Untuk processor AMD arahkan ke file Empire-EFI4AMD.iso. dan untuk Intel  arahkan ke file empireEFIv1085.iso.
16. Kemudian silahkan anda Kembali ke jendela sebelumnya, pilih file boot loader yang baru kita add, dan klik select.
17. Tutup jendela setting virtualbox. dan selesai.

Nah selanjutnya untuk tahap yang paling pentingnya adalah Installasi Mac OS X , bagaimana caranya Silahkan lihat berikut ini :

INSTALLASI MAC OS X
Untuk Langkah-langkah Installasinya adalah sebagai berikut :

1. Di jendela utama VirtualBox, klik Start.
2. Silahkan Biarkan boot-loadernya berjalan sampai muncul layar dengan gambar EMPIRE EFI. Sekarang klik kanan icon IDE Controller yang ada di bagian bawah virtualbox, dan pilih Chose CD/DVD images.
3. Akan terbuka kembali jendela Virtual Media Manager. Sekarang , arahkan ke file ISO installer MAC OS X yang tadi sudah kita buat. Caranya sama seperti meng-add boot loader tadi.
4. Tekan F5, lalu Enter. Proses installasi akan mulai dijalankan.
5. Masuk ke GUI Mac OS X, pilih USE English for the main leangue.
6. Berikutnya, klik menu Utilities > Disk Utility.
7. Pilih VBOX HARDDISK, klik Partition. Pada volume Scheme ilih 1 Partition, atau 2 Partition sesuai dengan kebutuhan. Beri nama, lalu pilih format MAC OS Ex-tended (Journaled). Klik Apply. Di jendela yang muncul, pilih Partition.
8. Setelah partisi selesai, tutup Disk Utility. Kembali ke installasi, pilih harddisk/ yang ingin di pakai. Klik Install.
9. Sekarang silahkan anda tunggu proses installasi berlangsung.
10. Di bagian installasi terakhir akan di beritahukan bahwa proses installasi gagal. Jangan khawatir! karena itu merupakan tahapannya. maka yang perlu anda lakukan adalah silahkan anda Masukkan kembli boot loader melalui Virtual Media Manager.
11. Lemudian Di menu VirtualBox, pilih Machine, Reset. Step By Step Installasi Mac OS X Snow Leopard Di Windows 7 Image
12. Nah silahkan tunggu Jendela loader bergambar EFI EMPIRE akan muncul, sekarang pilih nama instalasi anda. Lalu Enter.
13. Setalah masuk, anda akan disajikan wizard Silahkan isi dengan sebaik mungkin. Nah akhirnya selamat, Kini anda bisa menikmati Mac OS X Snow Leopard di dalam Windows 7.
   
Peringatan Penting :
1. Hardware anda harus sudah mendukung tekhnologi Virtualization. Jika belum, Silahakn anda bisa membuat pilihan menjadi ENABLE, pengaturan Virtualization terletak di BIOS.
2. Kemudian Ketika anda  ingin memulai MAC OS X, pastikan boot loader sudah dalam posisi aktif, sebab bila tidak, maka MAC OS X akan tidak bisa loading. 
 

G+

0 Komentar untuk "Install Mac OS X Snow Leopard di Windows 7"

Back To Top